Cara Download Buku dari Google Books menggunakan Bookworm

UPDATE: situs bookworm sepertinya sedang down, jadi trik di artikel ini sudah tidak dapat digunakan lagi. Terima kasih. bigsmile

Sedang mencari referensi untuk penelitian dan menemukan informasi yang dibutuhkan di Google Books? Kesal karena ternyata halaman yang dibutuhkan tidak bisa diakses karena kamu telah mencapai batas penampilan halaman? Bertanya-tanya, apakah kita bisa medownload buku dari Google Books? Jawabannya adalah bisa dengan menggunakan jasa dari Bookworm.

Sekilas Bookworm

Bookworm beta dapat diakses di http://bookworm.evil.so. Bookworm merupakan web service yang menyediakan jasa untuk medownload buku dari Google Books. Buku yang bisa didownload hanya buku yang menyediakan tampilan preview, baik full preview atau limited preview saja. Berikut contoh buku Evolutionary Scheduling yang menyediakan limited preview.

Limited Preview pada Google Books

Cara kerjanya adalah bookworm akan medownload halaman buku di google books secara periodik, menggunakan browser yang berbeda-beda dari lokasi yang berbeda pula. Tiap browser akan medownload halaman yang berbeda, dan ketika semua halaman sudah lengkap, kemudian halaman-halaman tersebut akan digabungkan menjadi sebuah buku dalam format pdf.

Cara Pakai Bookworm

Buat akun di Bookworm, dan login. Pada halaman http://bookworm.evil.so/books, masukkan alamat dari buku yang akan didownload.

Bookworm - Tambah Buku

Setelah menambahkan buku, yang perlu kita lakukan selanjutnya adalah menunggu sampai buku kita selesai terdownload. Mudah kan?!

Email Pemberitahuan

Ketika Bookworm telah selesai medownload semua halaman buku yang kita tambahkan, kita akan diberitahu melalui email. Segera download buku yang telah kita tambahkan, karena buku akan dihapus dalam 7 hari.

Bookworm - Email pemberitahuan buku telah selesai didownload

Build PDF

Bookworm juga memperbolehkan kita untuk medownload buku yang belum komplit halamannya. Hal ini dapat dilakukan melalui menu Build PDF. Fitur ini sangat bermanfaat, karena sebenarnya Bookworm sudah dapat medownload sebagian besar halaman buku hanya dalam beberapa hari. Yang membuat lama adalah melengkapi sisa halaman yang masih belum terdownload.

Bookworm - Build PDF

Ukuran File

Karena halaman buku yang didownload dari Google Books merupakan file gambar, maka jangan heran bila hasil file pdf yang dihasilkan mencapai ratusan MB. Buku Evolutionary PDF ini yang semula hanya sekitar 36 MB membengkak menjadi 232 MB. WoW!! smile

Gunakan fasilitas dari Bookworm ini untuk hal yang baik ya teman. Hehe.

Semoga bermanfaat. Amin.

Tetap Sehat, Tetap Semangat, agar dapat Tetap dalam Perdjoeangan!!


Comments

  1. masud

    7 January 2013 at 11:28

    mas aku coba daftarkan akun di bookworm kog ndak bisa ya?mhn pencerahannya.trims


  2. aph

    9 February 2013 at 13:24

    selain bookworm, ada yang lain g gan?


Leave a Reply