Cara Baru Jualan & Promosi Software

Sabtu kemarin, ada satu buku yang cukup menarik perhatianku pada salah satu rak buku komputer di Gramedia Pemuda Semarang. Buku itu berjudul Program Kasir Retail Siap Pakai, berikut jepretannya:

Cara baru jualan software

Hihihi, inspirasi cara baru jualan software nih. Buat satu produk standard, misal POS (Point of Sales) / Kasir, lalu dijual murah lewat buku (isi buku cukup berisi manual cara menggunakan program), tak usah repot-repot mencari customer deh. Nah, bila ternyata ada customer yang tertarik untuk me-custom aplikasi sesuai dengan bussiness process mereka, tinggal negosiasi harga deh. Very Genius!!

Ada beberapa strategi yang cukup menarik untuk diulas. Meski aku bukan seorang marketer, namun ijinkanlah daku untuk ngedabrus sedikit mengenai marketing. smile

Kemasan Buku + CD Software

Dengan dikemas dalam bentuk buku yang memberikan bonus CD, maka memungkinkan untuk diletakkan bersama buku-buku komputer yang lain. Lain cerita bila dikemas dalam box CD konvensional, mungkin produk ini akan diletakkan bercampur dengan CD Edukasi, atau VCD/DVD film.

Dan berdasarkan pengamatanku, pengunjung gramedia yang melihat-lihat di counter CD ini cukup sedikit dibandingkan mereka yang membaca di rak buku, khususnya rak buku komputer.

Promosi Perusahaan dan Produk Utama

Di halaman akhir buku, terdapat profil perusahaan Data Kreasi, dan produk-produk lain yang dimilikinya, 2 yang kuingat yaitu aplikasi SMS Gateway dan Server Pulsa. Hal ini dapat memberikan gambaran kepada customer mengenai tipe aplikasi apa saja yang mampu dibuat oleh perusahaan.

Beramal, Sekaligus Menjaring Potential Customer

Dengan harga yang hanya 26 ribu saja, tentu Data Kreasi tidak berniat mencari untung lewat jualan buku ini. Apakah mereka ingin beramal? Atau sedang menjaring Potential Customer? Atau bahkan sambil menyelam minum air kali ya? Hehe.

Btw, Potential Customer itu, di antaranya:

  • seorang customer yang puas dengan produk kita, dan memutuskan untuk tetap menggunakan produk kita di masa yang akan datang,
  • seorang customer yang puas dengan produk kita, dan dengan senang hati mereka akan ikut serta memromosikan produk-produk kita ke orang lain secara gratis.

Bagaimana teman-teman programmer, mendapat ide segar dari buku ini? Hehe.

Tetap Sehat, Tetap Semangat, agar dapat Tetap dalam Perdjoeangan!!


Comments

  1. ivanbaleccoz

    8 April 2013 at 10:46

    wah mantab informasi nya :) terima kasih


Leave a Reply