Semakin Banyak Kau Baca, Semakin Banyak Kau Tahu

Category Archives: Blog

Ambil Lely II

Horay, baru sehari, sudah dapat kabar gembira lewat sms & telpon dari Acer Jakarta kalau perbaikan keyboard Lely II sudah selesai. Woh, seriusan? Gak perlu nunggu sampai 5 hari kerja gitu? #ThankGod heart Usai maksi, aku langsung meluncur ke Acer Customer Service Center Thamrin Square, untuk bertemu dengan mbak-mbak CS yang cantik, #eh? Setelah intro blablabla, aku dipersilakan mbak Indah untuk mencoba keyboard baru yang telah dipasang di Laptopku. Sedang asik-asiknya memencet-mencet tombol keyboard, tiba-tiba mbak Indah (sambil tetap melihat […]

Road to Solid Software Developer Team

Biar kayak Software Developer beneran, maka mulai tahun ini, team Valudata Komputindo akan mencoba untuk menggunakan project management tool, yaitu: Visual Studio Online (VSO). Versi basic dari VSO dapat digunakan gratis hingga 5 user, sangat pas dengan jumlah programmer developer di Valudata untuk saat ini. Mungkin emang sudah jodoh kali ye? #MaafLebay bigsmile VSO dapat diintegrasikan dengan Visual Studio, dari versi 2010, 2012, dan 2013. Jadi, lewat visual studio, kita bisa upload/download source code (commit/pull/push/sync/compare), lihat work item/task yang belum […]

Hosting IIX atau US?

Singkat cerita, beberapa waktu lalu setelah membaca artikel Hosting IDWebhost Sudah Support PHP 5.3, aku request melalui email ke IDWebhost untuk pindah akun hosting dari PHP 5.2 ke PHP 5.3. Kronologi Pindah Server Tak selang satu hari, permintaanku telah diproses. Ada yang agak menggelikan dalam proses pindah akun hosting ini (yang masih bisa membuatku berwkwkwk kalau mengingatnya), yaitu akun hostingku dipindah dari server Nagan ke Banguntapan, yang ternyata masih menggunakan PHP 5.2. Nah lho, apa bedanya coba? Hehe. Singkat cerita, […]

I Do Love VB.Net (and My Journey to Programming)

Awal perjalananku mencintai pemrograman adalah ketika aku diajarkan bahasa pemrograman Pascal oleh bu Vita, guru komputerku sewaktu kelas XI SMA. Di luar pelajaran formal di sekolah, aku juga mulai suka belajar PHP dan Javascript. Masih segar di ingatanku, betapa dulu aku sering menghabiskan uang dan waktu di warnet hanya demi ngoprek2 script javascript untuk mengubah tampilan profil friendster.com. Dari friendster, aku mulai mengerti mengenai AJAX, JSON, Web Service, DOM Traversing, CSS, dan PHP. Sewaktu kelas XII, ada tugas (bisa dibilang […]

Performa MySQL dan InnoDB

Untuk dapat menggunakan transaction pada database MySQL, maka kita harus menggunakan InnoDB sebagai tipe storage engine database kita. Namun, ketika kami (team Valudata) mencoba menggunakan transaction di MySQL, ternyata performa InnoDB dalam menangani transaction itu masih belum sehandal MS SQL. Lemot sekali. Untuk melakukan perhitungan gaji pada Aplikasi Payroll yang kami kembangkan, dapat menghabiskan waktu hingga 15-30 menit. Setelah melakukan beberapa tweak, performa sangat meningkat sih, namun masih kurang stabil. Kadang bisa cepat, kadang bisa lambat.

Bye Bye Overheat!!

Setelah kurang lebih 2,5 tahun menemani, akhir-akhir ini komputerku yang kuberi nama Lely sering mati mendadak karena overheat alias kepanasan. Cukup membuat resah juga sih, jangan-jangan komponen-komponen elektronika di dalamnya sudah banyak yang rusak karena terlalu ekstrem dalam penggunaan harian. Bisa dibilang hampir 10 jam sehari Lely kunyalakan tanpa henti. Bahkan ketika aku tertidurpun seringkali lelyku masih menyala. WoW, pemborosan listrik!! bigsmile

Kecepetan yang Menipu

Hari ini terjadi musibah yang sedikit konyol. Singkat cerita, team Valudata pulang bersama naik motor beriringan, layaknya touring. Urutan seperti hari-hari biasanya, @Juragan_ID di depan, mas @zulyirawan di tengah, dan aku di belakang. Di tengah perjalanan, tiba-tiba ada truk yang melintang jalur, hendak berbelok masuk ke sebuah perkampungan. Alhasil, kendaraan-kendaraan di depan kami langsung mengerem mendadak. Oleh karena aku sedang sedikit menengok ke samping kiri, memerhatikan posisi motorku agar tak menyerempet seorang bapak-bapak yang mengendarai sepeda berkeranjang, aku sedikit telat […]

Hosting Gambar di Facebook

Hosting Gambar di Facebook, menghemat bandwidth.  

Nikmatilah Hidupmu Teman

“waduh, tensi gue turun nih.” “stress gue, udah coba berbagai program diet, tetep aja bb gue gak ideal.” “gue lagi galau nih, badan gue kok kurus bgt ya, jadi kayak tiang listrik.” Percaya atau tidak, hidup bakal gak asyik lagi kalo loe terlalu strict ama kesehatan. Waduw, sok asik gini bahasanya, hihihi.

2 Minggu Setelah Menempati Akuarium Baru

Tak terasa ikan louhanku ini telah kupelihara hampir 2 tahun sejak 18 Januari 2010. Ikan yang sangat "unbelievable", menurutku. Ikan yang bisa dibilang sempat kusia-siakan, justru malah masih bertahan, sedang 3 ekor ikan louhan dan 1 parrot lainnya yang lebih kuistimewakan justru sudah tiada.